Translate

SELAYANG PANDANG KKI


Minggu, 11 September 2022

 Birding Fun Bareng Mahasiswa Biologi FMIPA Unpatti

Oleh: Dudi Nandika

Maluku sebagai salah satu wilayah dengan tutupan hutan dan keanekaragaman burung yang tinggi merupakan salah satu destinasi ekowisata yang sangat menjanjikan yang belum terkelola dengan baik. Wilayah yang terdiri dari pulau-pulau menjadikan endemisitas yang tinggi dan mampu menjadi magnet para birding dunia untuk berkunjung, ditambah lagi lanskap habitat dan keindahan panorama alam baik teresterial maupun laut yang sangat menawan.

Beruntunglah para mahasiswa Universitas Pattimura khususnya mahasiswa jurusan biologi F-MIPA karena telah difasilitasi laboratorium alam yang luarbiasa. Hal ini menjadi tantangan besar bagi para mahasiswa sebagai calon peneliti untuk mengeksplorasi kekayaan tumbuhan dan satwa liar didalamnya. Hutan dan satwa liar merupakan asset yang mengandung misteri ilmu pengetahuan yang harus di ungkapkan. Kekayaan alam ini akan menjadi buku besar ilmu pengetahuan yang tidak ternilai dan akan menjadi sumber referensi ilmu pengetahuan dunia.

Burung sebagai salah satu kekayaan masyarakat maluku merupakan salah satu objek penelitian yang tidak akan pernah habis untuk dipelajari. Birding merupakan salah satu kegiatan sederhana namun dapat menjadi catatan dasar penting dalam melakukan sebuah penelitian. Untuk menumbuhkan kecintaan dan insting calon para peneliti muda di jurusan biologi baru baru ini KKI bersama mahasiswa melakukan birding bersama di kampus UNPATTI. Birding ini selain mampu membangkitkan rasa keingintahuan juga dapat mengasah para peneliti muda dalam melakukan identifikasi burung yang akan berguna Ketika mereka akan menyelesaikan tugas akhir dan terjun langsung ditengah masyarakat serta didunia kerjanya. Antusiasme para mahasiswa sangat terlihat dengan keseriusan mereka memperhatikan pohon semak dan keadan sekitar mereka yang mungkin ada burung disana. Dengan aktif mereka berjalan mengendap-ngedap, mencatat dan medokumentasikan apa yang mereka jumpai. Salahsatu keuntungan menjadi pengamat burung saat ini yaitu teknologi kamera yang semakin maju sehingga untuk mengidentifikasi burung jauh lebih mudah dengan hasil foto. 

Burung-burung di kampus Unpatti cukup beraneka ragam mewakili habitat yang ada di sekitar kampus yaitu hutan dataran rendah dan hutan rawa. hutan dataran rendah umumnya didominasi oleh burung kipaan kebun Rhipidura leucophrys, cucak kutilang Pycnonotus aurigaster, bondol dada-coklat Lonchura castaneothorax dan tekukur biasa Streptopelia cinensis. Sedangkan penghuni hutan rawa dihuni oleh kareo padai Amaurornis phoenicurus, mandar-padi kalung-kuning Gallirallus philippensis  dan kuntul kerbau Bubulcus ibis. Kampus Unpatti juga pada musim migrasi burung air menjadi salah satu persinggahan beberpa jenis burung migran seperti trinil kakai-hijau Tringa nebularia, trinil pantai Actitis hypoleucos, kedidi ekor-tajam Calidris acuminata dan biru-laut ekor-blorok Limosa lapponica. 

 Sebelah kiri Kicuit kerbau Motacilla flava dan sebelah kanan burung-madu hitam Leptocoma aspasia  

Birding merupakan alternatif ekowisata yang menarik dan memiliki banyak manfaat seperti :

1.  Bagi  para pehobi fotografi, selfie, kontenkreator, dan vlogger dapat menyalurkan hobinya melalui rekreasi birding ini slain tujuan rekreasi sesungguhnya yaitu media hilling dan menurunkan kepenatan dari rutinitas kerja sehari-hari.

2.  Birding juga mampu berdampak untuk kesehatan karena para birder diharuskan untuk berjalan dan tentunya disamping itu juga akan dimanjakan dengan kesejukan alam dan dapat menghirup udara yang besih yang akan menggantikan udara kota yang kotor dan banyak terkandung polusi baik dari kendaraan maupun pabrik. Selain itu aktifitas birding juga dapat memberikan trapi pada otot dan syaraf mata untuk rilex dan mengembalikan fungsinya seperti semula setelah rutinitas kerja yang mengharuskan melihat computer dalam waktu yang lama gandget, televisi dan aktifitas ruangan yang membuat mata lelah dan terbatas. Birding akan memanjakan mata dengan warna warna alam yang akan membuat syaraf mata lebih rilex dan memandang benda-benda yang jauh akan membuat mata lebih nyaman. Jika aktifitas ini dapat menjadi rutinitas bukan tidak mungkin dapat meningkatkan taraf Kesehatan masyarakat dan bahkan mungkin dapat berpengaaruh terhadap kualitas hidup dan umur masyarakat.

3.  Manfaat berikutnya birding dapat mengurangi ketergantungan terhadap gadget, yang artinya akan mengurang radiasi penggunaan smartphone, serta dapat meningkatkan interaksi sosial dengan para birding yang lain

4.   Manfaat selanjutnya adalah dapat meningkatkan pengetahuan terhadap hutan dan burung liar endemic asli Indonesia.

      Yuk kita galakan birding untuk mendapatkan manfaatnya yang luar biasa!!!        

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

animasi-bergerak-burung-kakatua-0112